Saturday, April 25, 2009

Teknik Analisis Data

Teknik Analisis Data
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, maka dalam menganalisis data yang terkumpul peneliti menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Penggunaan analisa deskriptif dimulai dari analisis berbagai data yang terhimpun dari suatu penelitian kemudian bergerak kearah pembentukan kesimpulan. Oleh karena itu analisis deskriptif ini dimulai dari klasifikasi data.
Dari rumusan diatas, maka peneliti dalam mengelolah dan menganalis data, dengan cara menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber, yaitu hasil interview dengan informan, catatan lapangan dan dokumen-dokumen. Data tersebut yang kemudian peneliti mengorganisasikannya, yaitu menyusun dan mengelompokkan data-data yang sesuai dengan sistematika yang dibuat peneliti.
Dari hasil penghimpunan data yang diperoleh dalam penelitian, selanjutnya akan dianalisa dengan mengunakan metode Induktif. Yakni metode yang digunakan untuk mengemukakan kenyataan-kenyataan dari riset yang bersifat khusus, kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat umum.

No comments:

Post a Comment